Dua Siswa Semarang Temukan Alat Pengurai Asap Rokok

Dua Siswa Semarang Temukan Alat Pengurai Asap Rokok

Dua Siswa Semarang Temukan Alat Pengurai Asap Rokok

Jika selama ini Indonesia dianggap negara yang jauh dari prestasi, anggapan itu tampaknya perlahan akan segera hilang bersamaan dengan munculnya sejumlah prestasi yang raih siswa-siswi di Indonesia. Salah satu prestasi tersebut datang dari dua siswa SMA Negeri 3 Semarang yang berhasil mendapatkan medali emas di ajang International Exhibition For Young Inventors (IEYI) 2012 di Thailand pada 28 Juni-1 Juli.

Mereka adalah Hermawan Maulana,16 tahun, dan Zihrama Afdi,17 tahun. Ajang IEYI diikuti 207 peserta dari sembilan negara. Keberhasilan dua siswa mendapatkan medali emas setelah menemukan alat konversi asap rokok. Nama mesin temuan mereka ialah T-Box Application to Reduce the Danger Impact of CO dan CO2 in Smoking Room.

Temuan itu dirancang untuk melengkapi fasilitas di smoking room. Ide penemuan itu berawal dari banyaknya jumlah perokok yang bertambah banyak. Apalagi mereka juga mendapati banyak para perokok tidak suka merokok di dalam smoking room yang telah disediakan. Akhirnya mereka berhasil menciptakan alat yang dapat mengurai CO2 menjadi oksigen.

“Fungsi penemuan tersebut untuk menyaring karbondioksida atau CO2 yang dihasilkan oleh asap rokok di smooking room untuk diambil oksigennya. Oksigen itu akan dialirkan kembali ke dalam smooking room,” kata Hermawan, siswa kelas XI, di sekolahnya, baru-baru ini.

Filterisasi
Afdi menambahkan alat itu bekerja mengisap asap rokok masuk ke mesin yang sudah dirangkai. “Prosesnya, asap rokok akan diurai menjadi oksigen kemudian dialirkan kembali. Filterisasi juga meninggalkan karbon,” ungkapnya. Walaupun mereka telah berhasil meraih medali emas karena keberhasilan menemukan alat tersebut, rasa kurang percaya diri masih dirasakan.

Mereka beralasan alat yang diciptakan tersebut masih berupa prototipe dan jauh jika disandingkan dengan penemuan dari siswa negara lain. Hermawan dan Afdi berharap dengan diakuinya alat pengurai asap rokok itu melalui ajang IEYI, alat tersebut dapat segara mendapatkan hak paten yang nantinya berguna untuk orang banyak. henri pelupessy/P-3

Sumber : http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/95226


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s