Hebat, pelajar SMP bisa ciptakan helm berpendingin (Gel Coated Helmet)

Hebat, pelajar SMP bisa ciptakan helm berpendingin (Gel Coated Helmet)

Image

Namanya Linus Nara Pradhana (13), seorang pelajar kelas 1 SMP Kristen Petra 5, Surabaya, Jawa Timur telah menciptakan ide brilian yang sangat dibutuhkan biker saat ini, yaitu helm yang mempunyai pendingin berbahan gel yang sangat cocok untuk cuaca panas seperti saat ini. Berkat karyanya tersebut seperti yang dikutip dari merdeka.com nara mendapat penghargaan pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI), sekaligus menyabet medali emas dengan menyisihkan 206 peserta di kompetisi pelajar internasional di Thailand pada 30 Juni lalu.

Cerita awalnya berasal dari kebiasaan menaruh motor sang ayah di halaman depan rumah. Jadi kalau siang, baik motor maupun helm ayah Nara selalu terkena panas sinar matahari. Dari situ Nara punya ide untuk menciptakan alat peredam panas yang ditempatkan pada helm, agar menyeterilkan udara panas ketika motor dan helm akan dipakai.

Mulanya Nara hanya memberi lubang angin, kemudian ada ide memberi air dengan menggunakan cetakan yang akan dipasang di beberapa titik helm. Namun hasilnya, helm menjadi berat dan keluar bunyi air saat dipakai.

Mulanya Nara hanya memberi lubang angin, kemudian ada ide memberi air dengan menggunakan cetakan yang akan dipasang di beberapa titik helm. Namun hasilnya, helm menjadi berat dan keluar bunyi air saat dipakai. Kemudian, saat Nara melihat iklan pempers di televisi, muncul ide untuk memanfaatkan pempers.

Tidak hanya menggunakan bahan pempers yang digunakan untuk menyimpan air dalam helm, Nara juga menggunakan gel agar bisa menyerap air, sehingga air yang di tempatkan di atas helm tidak akan menguap ketika terkena panas matahari. Terbukti helm berpendingin diberi nama Naravation itu, memiliki daya serap suhu panas hingga 21 persen.

Nara juga sudah mematenkan karyanya tersebut dengan nomor patent, S00E01100236. Bahkan ciptaanya sudah dilirik perusahaan helm PT Sentral Bahana Ekatama (SBE) Surabaya dan membuat pihak LIPI menyertakan bocah yang bercita-cita menjadi pilot dan presenter televisi ini dalam kompetisi internasional di Thailand.

Sumber : http://www.facebook.com/groups/414465178617183/420457734684594/?notif_t=group_comment_reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s